Analisis PT. Eigerindo Multi Produk Industry

Tania Oktaviani
3EA06
Tugas Soft Skills pertemuan ke 2


PT. EIGERINDO MULTI PRODUK INDUSTRY




1. a. Sejarah
    PT. Eigerindo Multi Produk Industri [1] yang berlokasi di Jalan Raya Terusan Kopo Km.11,5 No.127A, Kabupaten Bandung merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri retail dan distribusi untuk produk-produk lifestyle dengan merek dagang Exsport, EIGER, dan Bodypack yang telah tersebar di seluruh Indonesia.

    Perusahaan ini didirikan oleh Ronny Lukito[2] yang pertama kali memulai bisnisnya pada tahun 1979 di Bandung, Jawa Barat dengan hanya bermodalkan dua mesin jahit. Sebuah rumah di Jalan Saad, Bandung seluas 600 m2 menjadi lokasi produksi pertamanya sebagai home industry. Exsport hadir sebagai merek produk pertamanya dengan orientasi pada school life, hangout, dan traveling, yang kemudian disusul dengan hadirnya EIGER yang berorientasi pada kebutuhan perlengkapan dan peralatan gaya hidup penggiat alam terbuka, serta Bodypack yang mengacu pada urban lifestyle.

    Lewat kerja keras, tekad yang kuat, dan komitmen dari waktu ke waktu dalam rangka meraih kualitas unggul dan nama baik, Exsport, EIGER, dan Bodypack kini telah dikenal luas sebagai merek lokal paling terkemuka di Indonesia. Pada tahun 1992, PT. Eigerindo Multi Produk Industri berhasil membukukan sejumlah penghargaan prestisius, seperti UPAKARTI yang dianugerahi oleh pemerintah Indonesia, The SAHWALI Award sebagai perusahaan yang berorientasi lingkungan, Arch of Europe Gold Star Award for Quality sebagai perusahaan yang berorientasi pada kualitas terbaik, serta terdaftar sejak tahun 2009 sebagai Top 250 Indonesia Original Brand oleh majalah bisnis terkenal, SWA, yang semakin mengukuhkan eksistensi PT. Eigerindo Multi Produk Industri di ranah industri retail dan distribusi lokal.

    Dengan pengalaman lebih dari dua dekade, PT. Eigerindo Multi Produk Industri kini telah menjadi salah satu produsen produk fashion lifestyle dengan kualitas terbaik dan bertaraf internasional. Hingga saat ini, PT. Eigerindo Multi Produk Industri telah memiliki jaringan distribusi di seluruh Indonesia dan akan terus memperluas jangkauannya hingga ke mancanegara.

    Upaya untuk menjadi perusahaan yang menginspirasi dan inovatif adalah komitmen PT. Eigerindo Multi Produk Industri di setiap kiprahnya dalam menyediakan produk-produk berkualitas dan up-to-date untuk masyarakat Indonesia. PT. Eigerindo Multi Produk Industri akan terus bergerak maju untuk mewujudkan visi perusahaan menjadi Global Leader of Innovation and Trend Setter in the Lifestyle Business, serta menggunakan landasan yang kokoh dalam mengembangkan bisnis ini dengan mengusung corporate culture, yaitu Discipline, Relationship, Integrity, Victory, dan Execution.
   b. Struktur Organisasi
     Berikut ini adalah Gambar struktur dari PT. Eigerindo Multi Produk Industri


Sumber: http://eprints.binadarma.ac.id 

2. Produk yang dihasilkan
    Rangkaian produk Eiger meliputi:
Berbagai Jenis Tas
– Rucksacks/Carrier
– Daypacks
– Shoulder bags
– Waist bags
– Travel bags
– Lumbar bags
– Hydro-pack System
– Dry bags
– Biking Bags
– Laptop bags
– Multi purpose bags

Clothing
– Jackets: Rain suit, windproof jacket, and knitted jacket
– Shirts : Technical shirts and regular shirts
– Trousers
– T-shirts

Headwear
– Caps
– Hats
– Beanies/balaclavas
– Bandannas/bandana

Footwear
– Shoes
– Sandals
– Socks
– Gaiter

Peralatan lainnya
– Sleeping bags
– Tents
– Gloves
– Equipments: pisau, carabiner, stove, bottle, cooking set, walking stick, axe, torch, hydration flask, dan lain-lain
– Essential Equipments: ruler compass, glow stick

Accessories
– Waist belt
– Wallet
– Press advertism
– Gimmick
– Stationeries
– Peripheral

3. Konsumen yang dituju
Target dari pasar Eiger adalah konsumen dari kalangan menengah keatas, karena jika melihat dari produk Eiger, harga satu buah tas ransel Eiger mulai dari Rp. 150.000 s/d tak terhingga.
Target pasar Eiger berikutnya merupakan para konsumen yang pecinta kegiatan outdoor, pecinta kegiatan Extrim yang memacu adrenalin seperti : Panjat Tebing, Pendaki Gunung dan lain-lain.

4. Jumlah Karyawan dan Gerai
    Menurut berita di m.detik.com pertanggal 23 Mei 2009, saat itu jumlah karyawan Pt. Eigerindo kurang lebih sudah mencapai 2500 karyawan.
    Menurut berita di m.bisnis.com pertanggal 27 November 2017, Saat ini Eiger memiliki sekitar 400 gerai toko fisik yang merupakan kepemilikan sendiri dan sekitar 200 toko bekerja sama dengan mitra.
    Menurut berita di m.merdeka.com pertanggal 28 Agustus 2019, "Kita saat ini sudah ada 232 lokasi ditambah dengan 100-an lokasi yang milik authorize reseller kita. Jadi itu tidak dikelola oleh kita secara langsung, tapi dengan partner kita. Konsumen tidak bisa membedakan mana yang kita kelola dan mana yang dikelola oleh partner kita. Namun, secara konsep standar pelayanan, itu sama. Jadi totalnya ada sekitar 332 lokasi." ujar Christian Hartanto Sarsono, Managing Director Eiger

5. Sumber daya yang digunakan
    Sumber daya yang digunakan berupa :
Sumber Daya Manusia dengan memberdayakan karyawan sebagai mitra untuk mengembangkan karakter, kompetensi, dan kepedulian sesuai dengan panggilannya untuk menjadi manusia yang signifikan dan bahagia.
Sumber Daya Modal dengan adanya sumber daya ini, proses produksi bisa berjalan dengan lancar hingga produk jadi dan sampai ke pemasar.

6. Perusahaan yang menjadi pesaing
    Perusahaan yang menjadi pesaing PT. Eigerindo Multi Produk Industry yaitu perusahaan yang mana juga memproduksi perlengkapan alat outdoor yang posisinya setara dengan eiger, eiger merupakan produk lokal yang go internasional karna bisa menembus pasar global, sehingga pesaing eiger adalah brand dari luar.

7. Investor perusahaan
    Menurut berita di m.ayobandung.com pertanggal 22 September 2019, Untuk membangun toko ofline di mall berukuran kurang dari 100 meter persegi saja, investasi yang dibutuhkan oleh Eiger mencapai Rp1 miliar. "Kalau untuk flagship seperti di Jatinangor ini, inevstasi yang dibutuhkan bisa lebih dari 4 miliar," ungkap Christian Hartanto Sarsono, Managing Director Eiger. Tetapi belum dipastikan siapa atau perusahaan apa yang menjadi investor untuk eiger, kalau menurut saya pribadi, jika PT. Eigerindo Multi Produk Industry terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia, maka yang akan menjadi investor orang perorang yang melihat bahwa PT. Eigerindo Multi Produk Industry sedang naik atau perusahaan sejenis yang mengajukan untuk bekerja sama seperti osprey, sea to summit, rocky dan treksta yang sudah bekerja sama dengan Eiger.

8. Cara perusahaan berkembang dan mendapat citra baik
    Perusahaan dapat berkembang karena ketepatan dalam menganalisis sekaligus memilih segmentasi, melakukan bauran produk yang baik, dan pandai dalam berinovasi produk.
    Perusahaan juga menghasilkan produk produk yang berkualitas tinggi, sehingga produk berkualitas membuat PT Eigerindo MPI memperoleh pengakuan bergensi, seperti Upakarti dari pemerintah Indonesia, The Sahwali Award untuk komitmen terhadap lingkungan, Arch of Europe Gold Star Award for Quality untuk komitmen akan standar tinggi, serta terdaftar dalam 250 Merek Asli Indonesia oleh majalah SWA. Dari situ perusahaan mendapat citra baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menganalisis Suasana PT. Eigerindo Multi Produk Industry