Menganalisis Suasana PT. Eigerindo Multi Produk Industry

PT. Eigerindo Multi Produk Industry



1. Suasana dan Kesejahteraan Perusahaan
     Dari beberapa review di job street yang saya baca, bahwa PT. Eigerindo Multi Produk mempunyai suasana yang nyaman karna didalamnya terdapat; rasa kekeluargaan yang kental antar pekerja, fasilitas yang memadai, sistem kerja yang ringan, dan adanya support sessma pekerja. Kesejahteraan pun sangat baik, karna gaji yang diberikan cukup memadai, diberikan tunjangan, asuransi kesehatan, menjamin jenjang karir, dan mengadakan pelatihan yang mengajarkan pekerja untuk bisa menjadi motivator untuk diri sendiri.

2. Penerapan Kerja Perbagian Perusahaan

  a. General Manager
Tugas-tugas berkaitan dengan:
Memimpin perusahaan
Mengawasi berjalannya perusahaan agar mencapai tujuannya.
Menyurvei penjualan produk-produknya di luar.
Mengadakan pertemuan dengan pihak luar mengenai pemesanan produk sampai dengan perjanjian penjualan.

  b. Staff Administrasi
Tanggung Jawab :
Bertanggung jawab terhadap kelancaran dan keakuratan data penjualan dan data tagihan.

Tugas-tugas berkaitan dengan :
DATA PENJUALAN
- Melakukan proses terhadap LPH yang dikirim oleh Wiga dalam bentuk email atau fax, dan mengejar agar seluruh data ( minimal hingga H-2 ) dapat diterima.
- Mencatat dan memeriksa status data penjualan mana yang sudah masuk dan mana yang belum agar memudahkan untuk menindaklanjuti kekurangannya.
- Menginput data penjualan setiap hari dengan teliti benar dan tepat.
-Melakukan penagihan dan menindak lanjuti pengiriman data penjualan harian dari Wiga jika ada keterlambatan.
-Segera melaporkan masalah normal ( misalnya gangguan teknis penginputan / komputer, keterlambatan data ) kepada Supervisor Adm untuk ditindak lanjuti.
CEK HASIL INPUT
- Mengecek output proses data LPH dengan dokumen asli yang dikirim Wiga meliputi artikel, harga, quantity, dan discount tambahan atau discount tetap.
-Memeriksa ulang setiap data yang sudah diinput agar tidak terjadi kesalahan
- Melakukan cross check dengan Wiga jika menemukan selisih antara harga jual di faktur dengan data komputer.
- Melakukan cross check 1 kali dalam 1 minggu dengan pihak showroom.
LAPORAN
- Membuat laporan akhir bulan berbentuk faktur penjualan untuk diserahkan kepada Supervisor Adm. setelah dicek dengan laporan tagihan dari masingmasing counter.
-Merekap tagihan dari Gramedia, Gunung Agung, Rumah Matahari per periode.
- Mendistribusikan salinan faktur konsinyasi ke tiap konter.
- Membuat laporan penjualan dan tagihan counter dan showroom.
- Merekap retur konter / showroom.
- Membantu Supervisor Adm. dalam mempersiapkan seluruh laporan yang berhubungan dengan penjualan ( seperti laporan penjualan barang konsinyasi, dll. )
ADMINISTRASI DAN PENGARSIPAN
- Menyimpan arsip data penjualan yang sudah dan belum diproses dengan rapi dan sistematis sehingga memudahkan jika suatu saat akan diambil kembali.
- Merekap kebutuhan ATK dan kebutuhan lain seperti Kantong Plastik, Polybag, kardus, benang jahit, materi promosi ( brosur, POP )dan seluruh kebutuhan counter / showroom / store, yang menjadi wilayahnya.
- Mengajukan kebutuhan ATK kepada Supervisor Admin untuk dicek dan meminta persetujuan dari Business Retail Section Chief.
LAIN-LAIN
- Mendistribusi surat –surat atau mengirimkan fax untuk counter baik yang diterima dari Business Retail atau Business Data Analys ( termasuk kenaikan harga , retur, dll. )
- Melakukan kerja sama yang baik dengan departemen auditor, pajak, dan accounting, untuk menyelesaikan setiap masalah yang ditemukan.
- Mengajukan usul pengembangan metode kerja yang lebih baik dan efisien, kepada Supervisor Adm.
- Menciptakan suasana kerja yang kondusif, saling membantu dan memotivasi serta mendukung pencapaian target kerja tim marketing sebagai satu kesatuan.

  c. Marketing Communication
Tanggung Jawab :
Membuat perencanaan, melaksanakan , dan mengevaluasi hasil kerja seluruh aktivitas yang bertujuan untuk mengkomunikasikan brand, product, dan store Eiger sesuai dengan tujuan / visi / misi perusahaan.
Mendukung pencapaian target sales dengan budget promosi yang efisien dan tepat sasaran.

Tugas-tugas berkaitan dengan :
PERENCANAAN
- Mencari, mendata, menyeleksi penawaran promosi , menganalisa cost dan benefitnya.
- Membuat perencanaan kerja Marketing Communication harian, mingguan, dan bulanan, berikut dead line dan lead time setiap bagian terkait, dengan konsep Integrated Marketing communication.
- Mengajukan perencanaan yang sudah dibuat kepada Marketing Manager.
- Mencari informasi dan membuat perbandingan mengenai aktivitas dan media promosi yang tepat.
- Mendiskusikan setiap rencana yang dibuat dan disetujui dengan tim terkait ( PRD, Supply, East, dll. )
- Mengatur pekerjaan Mark. Communication staff agar loading pekerjaan berimbang dan efisien.
PELAKSANAAN DAN FOLLOW UP
- Melakukan follow up untuk setiap pekerjaan yang sudah dibuat perencanaannya.
- Mengontrol dead line pencapaian, pengajuan dana, pembuatan materi promosi, agar berjalan tepat waktu.
- Melakukan kerja sama dengan tim terkait ( PRD, East, atau Supply ) untuk menjalankan rencana MC yang disetujui.
- Mendukung penyediaan katalog / informasi produk dan maintenance pembuatan Web Site, serta promosi produk.
- Mengkoordinir dan mengontrol aktivitas EAC.
- Aktif melakukan koordinasi kegiatan promosi, atau even, sesuai dengan jadwal yang disepakati.
- Menjawab e-mail atau pertanyaan sehubungan dengan keluhan / komplain / atau pertanyaan dari customer, dan menginformasikan dengan tim marketing yang berhubungan.
- Menindaklanjuti setiap komplain dan bekerja sama dengan tim Marketing terkait untuk penyelesaiannya.
- Mendukung Business Retail dalam mempersiapkan promosi toko, khususnya pembukaan toko baru.
- Membuat surat kesepakatan atau perjanjian dengan atlit atau pengaju sponsor
- Mengecek realisasi dari kontraprestasi setiap even promosi. 12) Melakukan follow up setiap pengajuan dana dan pembayaran biaya promosi.
EVALUASI
- Menjalin hubungan baik dengan seluruh team EAST, atlet sponsor, instansi pendidikan atau klub pencinta alam, pihak media, dan pihak lain yang berhubungan untuk menciptakan hubungan yang saling menguntungkan untuk jangka panjang.
- Membuat laporan rutin bulanan menyangkut hasil kegiatan dan realisasi anggaran, serta melaporkannya kepada Marketing Manager.
- Memberi masukan produk yang diminta oleh Pembeli kepada Marketing manager, sebagai alternatif untuk menciptakan atau mengembangkan produk.
LAIN-LAIN
- Memikirkan dan mengajukan usul sistem kerja yang lebih baik, agar pekerjaan dapat dilakukan lebih cepat dan tepat, serta aktif mengajukan usul pengembangan aktivitas MC yang lebih baik.
- Menciptakan suasana kerja yang kondusif, saling membantu dan memotivasi serta mendukung pencapaian target kerja tim marketing sebagai satu kesatuan.

  d. Business Retail
Tanggung Jawab :
Pencapaian target penjualan non konsinyasi untuk area masing-masing yang ditetapkan Perusahaan.
Kelancaran aktivitas operasional retail di area yang menjadi tanggung jawabnya.
Pengembangan kinerja masing-masing toko di area ybs.
Tugas-tugas berkaitan dengan :
PENGADAAN BARANG
- Membuat detail perencanaan pengadaan barang yang tepat dan mengajukannya kepada BDA sebagai masukan.
- Merealisasikan pelaksanaan refreshment barang agar perputaran barang dapat berjalan rutin. 3) Mengumpulkan data barang-barang laku jual dan merekapnya dan mengajukannya kepada BR SC untuk dipelajari lebih lanjut.
- Mengajukan kebutuhan barang lain di luar barang yang ada, untuk pengadaan di masa yang akan datang kepada BR SC.
PENGELOLAAN SDM RETAIL
- Melakukan penilaian terhadap kemampuan wiga secara berkala.
- Melakukan bimbingan, training, pembinaan, dan pemberian motivasi kepada wiga.
- Mengajarkan langsung kiat dan cara wiga serta supervisor sehubungan dengan cara melayani customer, product knowledge.
- Mengusulkan promosi, rotasi, mutasi Wiga kepada BR SC.
TOKO DAN COUNTER
- Melakukan koordinasi di lapangan dalam setiap aktivitas. pembukaan, renovasi, penambahan space toko.
- Membuat evaluasi tertulis setiap selesai pengerjaan pembukaan / renovasi toko.
- Membuat rencana kunjungan toko dan counter dan membuat laporan serta masukan hasil kunjungan kepada BR SC.
- Mengusulkan alternatif pengembangan toko dan counter dan menyampaikannya kepada BR SC.
- Mengontrol dan memberi contoh pelaksanaan pemajangan barang agar setiap barang memiliki daya tarik yang mendukung penjualan.
ADMINISTRASI
- Mengecek pengerjaan administrasi tagihan dan laporan yang dibuat oleh Wiga atau supervisor showroom.
- Menindaklanjuti setiap kejanggalan selisih barang, dokumen, atau uang yang ditemukan, dan mencari penyebabnya.
- Mengecek pelaksanaan cross check mingguan antara barang dengan stok.
PENJUALAN DAN RELATIONSHIP
- Menjalin hubungan yang baik dengan supervisor toko, customer dan pihak ekstern terkait sehingga terjalin hubungan yang sinergis dan saling mendukung.
- Menyelesaikan masalah claim atau complain baik dari customer, toko atau pihak ekstern lainnya, dan melaporkan penyelesaian masalahnya kepada BR SC.
- Menjalin hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar toko.
- Mengecek pelaksanaan aktivitas promosi dan pengenalan produk yang sudah direncanakan oleh BR SC, dan memastikan program promosi berjalan sesuai dengan rencana.
PENGEMBANGAN
- Mengajukan usulan pembukaan toko baru di wilayah yang baru, yang dinilai berprospek untuk jangka panjang, kepada BR SC.
- Mengajukan usul pembuatan rencana pengembangan komputerisasi dan sistem / prosedur retail yang lebih baik sehingga mendukung pengembangan retail yang lebih baik di masanya.

3. SOP yang mendukung
  a. Memastikan Operasional store berjalan sesuai dengan SOP mulai dari Opening store sampai dengan closing store,yaitu memastikan alarm store dan kunci dalam kondisi baik, audit cash penjualan last night dan preparation untuk proses setoran bank, validasi petty cash kas dengan sistem, cek negative stock, cek brangkas.

  b. Morning activity before opening store yaitu memberikan materi product knowledge dan role play serta pre test & pos test, penyampaian materi standart pelayanan dan customer service ( handling complaint), morning daily roleplay standart service dan standart pelayanan, jumat motivasi (pmbekalan morning motivation untuk wiraniaga)

  c. Analisa data PICA(Problem, Indentification, Correctin, & Action) pencapaian Moth To Date Sales Store, Analisa review & Action plan Analisa Profit & Loss budget pengeluaran by month, Progress Report Store Analisa tren daily sales, Analisa SWOT by monthly peak season & low season.

  d. Menjadi Trainer batch II materi standart Pelayanan (Service Excellent to Customer), Trainer pra peak season ( Induction Training for new employee) , trainer Fire Drill to Area Jawa Tengah

  e. Budaya di PT. Eigerindo Multi Produk : S - H - A - R - E
S = Servanthood
H = Harmony
A = Agile
R = Respect
E = Empowerment

4. Sarana dan Prasarana
     Menurut review yang saya baca di job street, bahwa PT. Eigerindo Multi Produk memiliki fasilitas yang memadai, yang mana artinya sarana dan prasarana di dalam perusahaan terbilang cukup untuk para pekerja, sehingga para pekerja bisa bekerja dengan aman, nyaman, dan efektif.

sumber :
https://www.jobstreet.co.id/en/companies/734064-pt-eigerindo-multi-produk-industri/reviews?page=3
https://www.google.com/amp/s/agusseptianheryanto.wordpress.com/2015/09/09/job-description-karwayan-di-pt-eigerindo-multi-produk-industri/amp/
https://www.linkedin.com/in/andi-ferdiansyah-598812133?originalSubdomain=id
https://eigerindostore.com/about-us

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis PT. Eigerindo Multi Produk Industry